Sunday, April 22, 2018

Review Samsung Galaxy J2 Prime

Baik, kali ini saya akan mereview salah satu smartphone keluaran Samsung yang baru saja dirilis tahun 2017 lalu. Samsung Galaxy J2 Prime yang saya miliki ini baru saya beli pada awal Februari kemarin, pada saat saya baru beli rasanya saya sudah tak sabar untuk meriviewnya. Sebelum mereview Samsung Galaxy J2 Prime ini saya telah mereview smartphone Lenovo A 396 i yang telah hilang dicuri maling dan juga mereview kamera digital Canon IXUS 175 HS yang saya dapatkan dari undian hadiah salah satu merk pasta gigi ternama. Oke, Samsung Galaxy J2 Prime ini memiliki 3 varian warna yaitu black, silver, dan  gold. Harga standar dari smartphone ini berkisar di angka 1,6 jutaan. Namun di olshop juga ada yang berani menjualnya 1,4 juta lebih, tapi hati – hati juga ya kalau beli olshop jangan terkecoh dengan harga murah bisa jadi yang terbeli bukan barang asli namun malah copyannya, saran saya kalau beli di olshop pilihlah lapak yang dengan rating tinggi, jumlah pembeli yang banyak dan komentar baik dari para pembeli jadi barang yang kita dapatkan bukan abal – abal alias original dan high quality.
Banyak peminat smartphone yang memilih Samsung Galaxy J2 Prime apalagi penggemar merk dagang Samsung  dengan alasan harga yang cukup miring sudah dapat smartphone 4G dengan kualitas mesin yang oke punya dan juga layar yang HD walaupun belum super amoled ketimbang seri A atau S yang harganya cukup mahal ya intinya dengan uang sedikit udah dapet Samsung, kalau yang mau layarnya super amoled lebih baik beli yang Samsung Galaxy J2 Pro memang. Smartphone keluaran Korea Selatan ini memang masih mengudara tinggi di pasaran internasional, walaupun banyak smarphone produksi China yang juga bersaing untuk dapat menguasai pasar internasional dan juga IPhone keluaran dari Apple. Selain itu smartphone Samsung ini juga pemakai setia OS Android, tidak salah sih memang karena pemakai OS Android lebih tinggi dari pada pemakai iOS, karena OS Android lebih mudah digunakan dan juga merakyat karena banyak smartphone yang memakai operation system ini.  
Dari review lebih jelasnya saya uraikan satu – persatu :
Kelengkapan isi box 
Dari box Samsung Galaxy J2 Prime yang baru masih disegel dengan plastik, dus berwarna putih dengan font Samsung Galaxy J2 Prime berwarna abu – abu, dan didalamnya terdapat smartphone Samsung Galaxy J2 Prime itu sendiri dibalut dengan mika dan dibawahnya terdapat changer ( dengan adapter no model : ETA0U83EWE, input : 100 – 240 V, frekuensi 50 – 60 Hz 0,15 A + USB panjangnya ± 1 m, made in Vietnam ), headset ( panjangnya ± 1,5 m, made in Vietnam ), paduan singkat dengan dua bahasa Indonesia dan Inggris + garansi resmi dari samsung ( jika kurang jelas dengan paduan singkatnya kita bisa mengunjungi website samsung di www.samsung.com atau bias juga lewat menu setting lalu pilih paduan pengguna nanti dari sini bias terhubung dengan website Samsung namun jangan lupa nyalakan jaringan internetnya.

Desain dan Tata Letak Perangkat
Desain dari Samsung Galaxy J2 Prime cukup epic dengan balutan warna yang elegant dengan tulisan merk ‘SAMSUNG’ diatas layar persis dan juga berada dibelakang perangkat, perangkat ini memiliki display 5 inc berat 160 g dengan dimensi 144,8 ×72,1 × 8,9 mm dibagian depan perangkat terdapat kamera depan, lampu kilat, penerima, proximity sensor, layar sentuh, tombol home, tombol kembali, dan juga tombol terbaru. Sedang disisi atas ada colokan headset, sisi kanan ada tombol daya, sisi kiri ada tombol volume + dan -, disisi bawah ada konektor multifungsi ( usb ) dan juga ada mikrofon kemudian disisi belakang terdapat kamera, lampu kilat dan speaker. 

Batrai 
Batrai yang digunakan pada Samsung Galaxy J2 Prime buatan dari China ini memiliki 3,8 Li-ion battery dangan charge voltage : 4,35 V / 2600 mAh. Batrai ini tidak boleh terkena panas, terbakar, untuk mainan hewan maupun direparasi karena dapat membahayakan, yang bener aja ya kalau batrai memang harus hati – hati cara pemakaiannya kalau enggak bisa saja meledak loh dan jangan lupa jangan taruh hp dekat kompor yah apalagi buat kamu yang suka masak sambil browsing resep masakan tetep safety ya dan jangan menerima telepon atau mengambil foto dekat kompor maupun di tempat pengisian bahan bakar karena arus pendek dari sinyal telepon genggam mu dapat membuat hp atau tempat disekitarmu kebakaran. Pada batrai Samsung ini dapat menghemat batrai dengan mode hemat daya ( maximum power saving mode ) jika diaktifkan maka batrai akan menghemat beberapa jam agar tidak benar – benar kehabisan, disini kita dapat memilih mode hemat daya : sedang atau maks

Layar 
Ukuran layar Samsung Galaxy J2 Prime mencapai 5.0” ( 126.44 mm), cukup lebarlah menurut saya, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar. Kalau kedalaman warnanya 16 M cukup lembut dilihat daripada smartphone dengan merk lain namun memang layarnya belum super amoled tapi sudah Qhd ( quality high divinision ) dan belum ada S Pen nya juga ya maklumlah bukan Samsung Galaxy Note series

Kamera
Kamera utama atau kamera belakang memiliki resolusi 8 Mega Pixel dengan bukaan f/2.2, memiliki auto focus dan lampu kilat yang dapat diatur kekuatan cahayanya ya cukup lumayan lah buat motret dibandingkan smartphone lain yang katanya punya 20 Mega Pixel katanya, namun bagi Samsung kaya 8 Mega Pixel aja. Kalau kamera belakangnya memiliki resolusi 5 Mega Pixel dengan lampu kilat ya okelah buat kamu yang suka selfie ditempat dengan cahaya minim dapat selfie juga. Kalau resolusi untuk rekaman videonya sudah HD dengan 1280 ×720 @30 fps

Kelebihan Samsung Galaxy J2 Prime
Oke kelebihan dari Samsung J2 Prime ini mungkin memiliki kapasitas memory eksteenal hingga 128 gb, layarnya halus dan adem dimata, touch screennya enak disentuh dan tidak kasar, ada battery savety nya sehingga bisa menghemat batrai agar awet, displaynya sudah lebar tidak seperti smartphone keluaran tahun sebelumnya, sudah 4G tentunya.

Kekurangan Samsung Galaxy J2 Prime
Kekurangan nya mungkin dari kapasitas memory internalnya hanya 8 gb dan memory penyimpanan akan penuh jika kebanyakan aplikasi jadi butuh memory eksternal itupun tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, lalu smartphone ini licin bila digenggam makanya butuh softcase atau hardcase agar lebih mantap memegangnya, layar belum super amoled jadi terlihat kurang memuaskan, tangkapan kamera kurang stabil jadi jika akan memotret kalau pegang hp nya kurang tenang hasil foto akan menyisakan jejak padahal Samsung Galaxy J2 biasa yang keluaran dulu nggak seperti ini. 

Tips untuk pengguna Samsung Galaxy J2 Prime
1. Sebaiknya jangan terlalu banyak aplikasi yang didownload, karena akan memperlambat perangkat, walaupun kamu punya memory eksternal,  beberapa aplikasi ada yang tak mau dipindahkan.
2. Jangan root perangkat karena bisa menghilangkan garansi.
3. Jika ada masalah di perangkatmu dan tak bisa menyelesaikannya lebih baik kamu kunjungi www.samsung.com dan pilih layanan lalu klik live chat nanti kamu bisa menanyakan permasalahan pada perangkatmu dan biasanya jika masalah tak terjawab customer service samsung akan memintamu membuka aplikasi smart tutor untuk peninjauan jarak jauh, misalnya saja masalah aplikasi samsung galaxy gift kamu tidak bisa dibuka, nanti customer service yang akan membenarkannya.
4. Lebih baik nyalakan hemat daya agar batrai tak merosot drastis.
5. Jangan setel kecerahan layar terlalu tinggi karena itu adalah penyebab batrai cepat habis, selain itu jangan buka aplikasi terlalu banyak juga.
6. Pakailah charger bawaan dari samsung karena berbeda charger akan mengurangi performa hp kamu masalahnya setiap charger hp memiliki kuat arus listrik yang berbeda - beda pula.
7. Jika hp tak dipakai lebih baik matikan, karena hp juga butuh istirahat, kalau dipakai terus kan bisa - bisa hp mu nge hang.
8. Bersihkan hp kamu bila kotor, karena partikel kecil yang menempel di hp mu dapat masuk ke dalam mesin dan bisa merusaknya.

Demikian review saya, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli Samsung Galaxy J2 Prime atau yang sudah punya, terimakasih sudah mampir ke blog saya, kapan - kapan kesini lagi ya.. see you..

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, jika ada pertanyaan sesegera mungkin saya jawab