Tuesday, February 13, 2018

Tak Enak Badan ? Obat Herbal Aja !

Apabila kita merasa tak enak badan lebih baik konsumsi saja obat herbal, apalagi buat kalian yang tak suka minum obat kimia yang dijual warung maupun diapotek, mungkin tak salah bila kalian beralih ke obat - obatan herbal, selain harganya terjangkau efek yang ditimbulkan dari obat - obatan herbalpun lebih aman dan memiliki khasiat yang luar biasa karena memiliki kandungan tertentu yang dapat benar - benar menuntaskan rasa sakit, walaupun obat herbal aman namun dalam penggunaannya harus tetap dengan konsumsi yang wajar. Didunia ini kita telah dikaruniai banyak jenis tumbuh - tumbuhan yang beberapa diantaranya merupakan tanaman obat herbal misalnya saja kunyit yang mudah ditemui dimana - mana. Nah, apa saja sih tanaman yang dapat dijadikan obat herbal ? 

Kunyit
Ya, memang kunyit kaya akan manfaat salah satunya adalah penyembuh penyakit maag ataupun asam lambung ( GERD / gastro esophageal reflux desease ), cara membuat ramuan kunyit ini dengan mengupas lalu memarutnya dan diperas sari patinya lalu tambahkan air biar tidak terlalu kental kalau ingin manis boleh ditambahkan dengan sedikit madu kemudian aduk hingga merata setelah itu tunggu beberapa menit hingga patinya mengendap dan boleh langsung dikonsumsi namun endapannya jangan diminum. Selain sebagai obat maag dan asam lambung, kunyit juga dapat meringankan rasa sakit pada wanita yang sedang datang bulan, cara membuatnya mudah sekali hanya dengan mengiris kunyit lalu rebus dengan air jangan lupa tambahkan asam jawa ( tamarind ) dan jika ingin manis boleh tambahkan dengan gula merah, biasanya ramuan ini disembut kunir asem. Tidak hanya itu tanaman rimpang kaya manfaat ini juga dapat menyehatkan ginjal. Kunyit juga dapat menyembuhkan peradangan ( anti inflamasi ).

Temulawak
Tak jauh - jauh dari saudaranya si kunyit, temulawak ini pun dapat meredakan sakit perut yang bukan hanya maag atau asam lambung saja, namun temulawak ini dapat menyembuhkan berbagai cakupan luas sakit perut karena temulawak sangat bermanfaat untuk hati (  liver ), usus  ( gastron ) dan ginjal ( ren ), temulawak ini sangat bermanfaat untuk pemulihan penyakit hepatitis, penyakit kuning ( jaundice ) maupun penyakit liver lainnya, untuk usus yang iritasi pun dapat diatasi dengan temulawak, kalau buat ginjal temulawak ini memiliki khasiat renoprotective untuk melindungi ginjal. Selain itu temulawak pula dapat digunakan untuk pertahanan daya tubuh dan menjaga stamina, jadi kalau merasa badan kurang enak minum saja temulawak cara membuatnya mudah sekali tinggal kupas dan iris temulawak lalu rebus dengan air bila ingin sedikit manis boleh tambahkan gula merah. Namun perlu diketahui minum temulawak tidak boleh dalam jangka panjang ya...

Jahe
Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat dimanfaatkan untuk obat herbal misalnya saja untuk meredakan masuk angin dan kembung, banyak juga yang memanfaatkan jahe ini untuk sekedar membuat minuman seperti ronde, sekoteng, bajigur dan lain - lain karena selain enak jahe dapat menghangatkan badan. Namun bagi anda yang memiliki penyakit maag jangan coba - coba konsumsi jahe ya, karena jahe dapat memperparah iritasi lambung. Selain untuk menghangatkan badan jahe juga ternyata bermanfaat loh untuk memperlancar  peredaran darah, sebab  jahe ini dapat memperlebar pembuluh darah. Jika kalian ingin membuat sendiri dirumah caranya mudah sekali tinggal bakar jahe sampai harum baunya kemudian kupas kulitnya dan geprek jahe lalu rebus dengan air sampai matang boleh tambahkan sedikit gula pasir. Tips untuk memilih jahe untuk meramu obat yaitu pilih jenis jahe emprit atau jahe merah yang rasanya lebih pedas daripada jahe gajah. Oh ya, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati salah urat atau pegal linu dengan cara parut jahe dan campurkan sedikit minyak kayu putih lalu balurkan pada tubuh yang sakit.

Kencur
Kencur merupakan tanaman rimpang yang bermanfaat pula. Kencur dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk maupun radang tenggorokan cara konsumsinya mudah sekali tinggal kupas kencur lalu emutlah kencur seperti mengemut permen, dengan cara ini pula bakteri jahat penghuni mulut dapat mati. Selain berfungsi sebagai obat batuk kencur juga dapat digunakan untuk penghangat badan luar yang namanya param kencur, cara membuatnya memang membutuhkan proses, dengan kupas kencur lalu parut ambil sari patinya dan campur dengan  tepung beras lalu tambahkan air sedikit kemudian bentuk bulat - bulat dan keringkan dibawah sinar matahari, jika telah kering ambilah beberapa buah lalu encerkan dengan sedikit air dan minyak kayu putih lalu balurkan saja ke tubuh yang pegal atau capek. Jika malas membuatnya beli saja param kencur di pasar tradisional atau toko jamu.

Bawang Putih
Tanaman umbi - umbian yang satu ini juga kaya akan manfaat untuk masalah peredaran darah atau kardiovaskuler seperti mengurangi kolesterol LDL, penangkal hipertensi, pembekuan darah, hiperglikemia ( gula darah tinggi ) dan juga lemak darah tinggi. Memang bumbu daput yang satu ini sangatlah bermanfaat, namun cara pengolahannya juga perlu diperhatikan agar khasiat bawang putih ini tidak hilang, bawah putih sebaiknya dimakan mentah - mentah, walaupun memang bau khas bawang memang sangat menyengat namun kalau buat obat ya memang semestinya begitu. Cara mengkonsumsinya bawang harus dikupas dan digeprek terlebih dahulu, tujuan digeprek ini bermaksud untuk mengeluarkan zat yang terdapat pada bawang agar lebih manjur dikonsumsi. Oh ya, tips memilih bawang yang digunakan untuk obat yaitu pilihlah jenis bawang tunggal atau di jawa biasa menyebutnya bawang lanang atau bawang yang wulung, memang bawang putih ini lebih bagus kandungannya daripada bawang putih biasa. Akhir - akhir ini saya baca diinternet banyak yang membuat ramuan misano yang salah satu bahan dasarnya yaitu dari bawang putih ini. Misano terbuat dari bawang, jahe, cuka apel yang di jus menjadi satu dan konsumsinya minimal 1 sendok per hari, untuk penyimpanannya tinggal tuang ramuan tersebut kedalam botol untuk konsumsi beberapa hari. Namun jangan kebanyakan misano juga ya karena bisa - bisa kadar gula darah menurun drastis.

Ketumbar
Bumbu dapur yang suka buat tempe goreng ini juga dapat dimanfaatkan loh, ketumbar ini dapat jadi obat hipertensi dan mual. Cara membuatnya gampang sekari tinggal cuci ketumbar dan rendam dalam air panas lalu tunggu beberapa menit sampai warnanya kecoklatan seperti teh, setelah itu dapat langsung diminum. Ramuan ketumbar ini sangat cepat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun Salam
Daun pengharum masakan ini yang biasanya untuk memasak opor bisa jadi obat herbal juga loh, salah satunya untuk obat hiperglikemia atau gula darah tinggi. Cara membuatnya juga mudah tinggal rebus 5 - 7 daun salam lalu diminum, nanti gula darah juga menurun dengan sendirinya. Khusus untuk hiperglikemia selain daun salam juga ada obat herbal lainnya untuk penangkal diabetes / kencing manis ini yaitu :  daun paitan, daun afrika, daun yakon, kayu manis, brotowali, kulit salak, biji rambutan, lidah buaya, rendaman ketan hitam, pare, gambas, sambiloto, daum kumis kucing dan banyak lagi, namun semua itu tergantung dari kecocokan obat pada badan penderitanya. Belum tentu si A cocok dengan brotowali namun si B cocok dengan brotowali, semua itu tergantung bagaimana badan menerima obat itu.

Daun Minten
Kalau di jawa daun ini disebut daun minten bentuknya hampir mirip dengan bayam, namun jelas khasiat daun minten dan bayam ini sangat berbeda, daun minten ini tumbuh liar dijalanan. Kalau di kampung saya biasanya daun minten ini digunakan sebagai obat radang tenggorokan dan panas dalam. Cara membuatnya juga mudah hanya merebus beberapa lembar daun boleh juga ditambah irisan kunyit agar lebih manjur, setelah itu tinggal diminum biasa.

Kumis Kucing ( Remujung )
Bukan kumis kucing beneran ya, namun yang dimaksud disini adalah tumbuhan yang bernama kumis kucing, oke deh kalau nggak tau, mungkin kalian tau kalau remujung, kalau nggak tau juga mending googling dan lihat gambarnya, nah itu akhirnya tau juga. Kumis kucing sangat bermanfaat sekali buat ginjal loh, si kumis kucing ini bisa jadi peluruh batu ginjal, tuh buat kalian yang kurang air putih, suka makan berprotein tinggi atau suka menahan BAK, duduk terlalu lama, wah bahaya banget tuh berpotensi kena batu ginjal, kalian nggak mau kan sampai masuk rumah sakit gara - gara hal sepele seperti ini, dilaser aja takut apalagi dioperasi. Nah lebih baik kalian jaga kesehatan dan bagi kalian sudah terlanjur terkena batu ginjal lebih baik minum ramuan herbal yang satu ini, cara membuatnya gampang banget tinggal rebus segenggam daun dan minum airnya. Selain untuk batu ginjal kumis kucing ini dapat juga mengobati gagal ginjal, radang ginjal, ISK ( infeksi saluran kemih ) dan penyakit yang berhubungan dengan ginjal lainnya. Selain itu kumis kucing ini juga bisa menyembuhkan kencing manis dan masuk angin.

Lemon
Si kuning kaya manfaat ini memang memiki vitamin C yang tinggi, perlu kalian ketahui vitamin C ini sangat penting loh bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk menjaga daya tahan tubuh, makanya banyak produsen vitamin yang memasarkan vitamin C ini, namun alangkah lebih baik bila mengkonsumsi yang alami seperti si kuning ini. Selain untuk daya tahan tubuh lemon dapat digunakan untuk penunjang diet khususnya untuk menciutkan lemak yang ada didalam perut, tapi konsumsinya juga tidak boleh terlalu banyak sebab jika kebanyakan menimbulkan dampak negatif, selain itu hati - hati bila kalian memiliki maag, bisa - bisa jadi kambuh. Bagi kalian yang suka makan gorengan maupun makanan yang berlemak semisal junkfood yang kaya akan karbohidrat, protein dan lemak mungkin solusi terbaik menangkalnya dengan minum air perasan lemon ini, saya punya tips nih buat kalian yang ingin buat perasan lemon sebaiknya menggunakan air hangat karena perasan lemon plus air hangat berguna untuk menangkal kanker, tapi jangan lupa bagian warna putih pada lemon malah lebih bermanfaat, lebih baik kalian juga memasukkan irisan lemon kedalam air, dengan cara ini air menjadi bersifat alkali yang baik untuk menangkal zat asam berbahaya yang diperoleh dari makanan tak sehat seperti softdrink. Selain bagus untuk tubuh lemon juga dapat dimanfaatkan untuk masker buat kalian yang memiliki kulit berminyak.

Jintan Hitam ( Habatussauda )
Jintan hitam ini merupakan bumbu dapur, namun di Indonesia kurang mengenalnya, memang jintan hitam ini banyak digunakan oleh sekitar timur tengah. Memang khasiat pada jintan hitam ini sangatlah kompleks dari mulai memperbaiki imun tubuh sampai - sampai dosen UAD pernah meneliti bahwa jintan hitam ini dapat mengobati HIV AIDS salah satu penyakit autoimun ini. Selain itu jintan hitam juga merupakan salah satu makanan bagi otak karena mengandung omega, jadi kalian yang mengonsumsinya bisa jadi tambah cerdas. Tidak hanya itu manfaat lainnya yaitu anti tumor dan anti kanker, anti bakteri dan virus, pengencer darah agar darah tak beku, anti asma, anti maag, renoprotective bagi ginjal ( pelindung ) dan banyak lagi. Tak heran dari banyaknya khasiat itu karena memang habatussauda ini ada hadist nya bawasanya jintan hitam ini penyembuh segala penyakit kecuali as - sam ( kematian ). Jadi jangan ragukan lagi manfaat jintan hitam ini. Oh ya, jika kalian menginginkannya jintan hitam ini sudah ada produsennya di Indonesia dengan bentuk kapsul, tinggal beli saja di apotek terdekat.

Zaitun
Zaitun memang buah yang tumbuh di sekitar timur tengah dan mediterania. Khasiat dari zaitun ini salah satunya sebagai penurun kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, selain itu zaitun tinggi vitamin E jadi dapat mengencangkan kulit juga, minyak zaitun juga berkhasiat untuk pencernaan sebagai pelumas organ pencernaan sehingga BAB jadi lancar, manfaat lainnya dari minyak zaitun ini juga bisa melancarkan persalinan, selain itu minyak zaitun juga membuat jantung sehat dan banyak pagi manfaat lainya dari zaitun ini.  Namun lebih berkhasiat lagi apabila zaitun dibuat minyak, apalagi diambil perasan minyak pertamanya atau first cold pressing yang nama trennya EVOO ( extra virgin olive oil ), ya memang yang paling baik minyak zaitun yang EVOO namun minyak zaitun jenis ini tidak untuk menggoreng ya, namun dikonsumsi biasa atau dengan dressing maupun salad, kalau untuk menggoreng beda jenis lagi seperti classico olive oil atau extra light olive oil. Tak usah diragukan lagi ya manfaat dari zaitun ini karena di Al - Qur'an sudah disebutkan salah satunya "pohon zaitun yang paling baik yang tumbuh bukan dibarat dan bukan ditimur" dan para ahli menafsir bahwa tempat itu berada di negeri Syam, buah zaitun ini salah satu buah yang ada di surga, Subhanallah...

VCO ( Virgin Coconut Oil )
Minyak yang yang lagi tren dipasaran ini memang banyak manfaat, minyak kelapa ini bukan sembarang minyak kelapa loh, minyak ini juga bukan untuk menggoreng berbeda dengan minyak kelapa lainnya, minyak ini diproses secara centrifugal maksudnya dengan diputar oleh tekanan tinggi sehingga santan dari kelapa tua dapat terpisah antara air dan minyaknya berbeda dengan minyak kelapa lainnya yang diproses dengan cara pemanasan yang kurang sehat apabila dikonsumsi. Ajaibnya minyak ini dapat memperkuat imunitas tubuh dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit selain itu minyak ajaib ini dapat menangkal tumor dan kanker khususnya kanker payudara, minyak ini juga sangat berguna untuk penderita diabetes melitus karena dapat mengurangi stres pada organ pankreas sehingga pankreas dapat bekerja secara maksimal dan mencegah resistensi insulin oleh karena itu gula darah tinggi dapat teratasi.

Sekian artikel tentang obat herbal ini semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca, artikel ini dibuat berdasarkan apa yang pernah saya baca dan juga dari pengalaman pribadi yang pernah saya alami dan saya tuangkan dalam artikel ini, memang saya bukan dokter,  ahli farmasi maupun herbalis, namun memang saya sangat senang dengan dunia pengetahuan, semoga kalian selalu sehat wal afiat, Amiiin... Salam Penulis





0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, jika ada pertanyaan sesegera mungkin saya jawab